Logo RPGFID

Dungeon Siege II

RPGFID > Dunia Impian > Dungeon Siege > Dungeon Siege II

Halaman utama | Petualangan kedua | Tokoh | Sistem | Screenshot
Minimum requirements | How to Play? | Quests | Controlling Hero | The Interface | Character Window | Journal Book

<baru! 08/02/2006 by Èxsharaèn> 00:32/26.6 Kbps

Interface

Nah, kalau sedari tadi kita baru membahas cara menyerang, bagaimana dengan tampilan interface DS2? Berikut ini gambar utuh tampilan DS2, mudah-mudahan sudah mewakili seluruh tampilan yang mungkin muncul. Mungkin agak jelek, ini sudah diperkecil ukurannya ^_^"

Walaupun Microsoft sudah mengatur resolusi minimum 800x600, Èxshan menyarankan menggunakan resolusi 1024x768 atau lebih tinggi. Tampilan interface pada resolusi 800x600 akan terlihat sangat penuh, menyisakan sedikit pada field-nya, dan dapat mengganggu pemandangan cukup serius.

Kita lihat keseluruhan dulu. Di tengah adalah field tempat seluruh permainan berlangsung. Saat kita menyerang suatu monster, angka damage akan ditampilkan. Karena secara umum dunia DS2 terlihat gelap (walaupun bisa dikoreksi gamma-nya), angka damage ini akan sangat membantu untuk menemukan musuh yang sedang diserang di tengah belantara objek di DS2 (apalagi kalau ada yang Bleeding, cukup membantu).

Sekarang, amati bagian kiri layar. Ini adalah status seluruh karakter. Terlihat ada cukup banyak ikon? Jangan khawatir! Kita amati saja layar status salah satu karakter.

Di paling kiri, ada gambar karakter. Mengapa tertutup tanda plus? Itu tandanya karakter ybs sedang level-up, dan bonus yang didapat belum digunakan. Kalau ia sudah dipilih namun bonusnya tetap belum dipakai, tinggal tanda plus kecil (pojok kiri bawah) yang tersisa.

Empat ikon berikutnya (hanya tertangkap tiga) adalah bonus dari magic, misalnya Wrath of Ice (bonus ice damage dan mendapat kemungkinan musuh akan membeku saat diserang). Kalau kita mengarahkan mouse dan berhenti sejenak di ikon ini, akan terlihat waktu yang tersisa dari bonus status tersebut. Ada juga ikon yang menerangkan bahwa karakter itu sedang mengendalikan summoned monster (pojok kiri atas). Terakhir, ikon bergambar perisai (pojok kanan bawah) menandakan bahwa karakter itu sedang dilindungi karakter lain.

Jika karakter tersebut pingsan (HP 0), gambar dirinya akan tertutup warna merah sebagian. Jangan sampai karakter itu menerima damage lagi hingga warna merah menutupi gambar dirinya sepenuhnya. Kalau itu sampai terjadi, gambar batu nisan akan menutup wajah karakter, menandakan karakter itu tewas dan hanya dapat dibangkitkan oleh Necromancer di kota atau dengan mantra Resurrect. Di bawah gambar karakter, jelas sekali adalah penunjuk HP dan MP. Tepat di sebelah gambar karakter adalah senjata yang di-equip saat itu.

Terakhir, kita beralih pada delapan ikon di samping gambar karakter. Bagian ini bisa dipersempit hingga hanya satu kolom ikon yang tampak, jika dirasa mengganggu pemandangan. Namun, Èxshan biasa membiarkannya tampak penuh untuk mempermudah memilih. Empat ikon teratas adalah empat gulungan sihir (scroll) yang di-equip pada slot Active Magic pada Spell Book karakter tersebut. Empat ikon sisanya adalah Power yang ter-equip (ini akan diterangkan nanti pada layar Specialties). Hanya Power aktif (yang terpilih) yang akan digunakan oleh karakter tersebut; caranya dengan menekan tombol yang tampak di bagian bawah layar (sebentar lagi akan diterangkan).

Sekarang kita pindah ke bagian bawah layar. Enam ikon di sebelah kiri adalah ikon terkait game, berturut-turut Open Character Wiindow (shortcut: I, B, P), Drink Health Potion (shortcut: H), Drink Mana Potion (shortcut: M), Journal Book (shorcut: J), Pick Up All Items (shortcut: Z), dan Message Log (shortcut: Enter). Message Log berguna untuk mengetikkan chant secara manual, kalau malas mengaktifkannya dari buku jurnal. Khusus Journal, ikon ini akan berkedip tiap kali ada Quest, Lore (sebutan untuk Quest Item), Book, dan apapun yang baru pada buku jurnal.

Empat, lima, atau enam ikon (tergantung jumlah karakter saat itu) berikutnya pada bagian tengah-bawah layar adalah Power aktif masing-masing karakter. Di bawah tiap ikon Power, tertera angka dari 1 hingga 6, yang berguna untuk menggunakan Power. Coba lihat gambar di samping. Jika tombol 4 ditekan, Power itu akan digunakan (di sini Thunderous Shot, panah berelemen Thunder yang akan melukai seluruh monster yang dilaluinya).

Empat ikon di sebelah kanan mengatur kelompok secara keseluruhan. Berturut-turut mereka adalah Rearrange Party (shorcut: R), Command (shortcut bervariasi antara Rampage, Mirror, dan Guard), Social Window (hanya berguna untuk chat), dan Pause/Resume Game. Lingkaran berikutnya adalah Map, yang bisa di-zoom in dan out kalau perlu. Titik merah adalah musuh (terlihat banyaknya musuh di DS2?), lingkaran hijau adalah karakter aktif sementara lingkaran putih adalah karakter sisanya, titik hijau adalah kawan (bisa berupa summoned monster atau orang biasa). Titik biru adalah item atau gold yang belum diambil, atau bisa juga berupa objek yang dapat digunakan (misal pintu, switch). Versi lengkap peta ini baru muncul jika kita menekan tombol Tab. Bedanya, kalau di DS kita bisa mengendalikan karakter dari peta besar ini, sekarang peta besar ini hanya muncul selama tombol Tab ditekan. Untuk peta yang lebih besar lagi (yang menunjukkan lokasi seluruh tempat di Aranna, bukalah buku jurnal dan cari tab Map.

Copyright © 2006 RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.

Butuh peta? Silakan minta di sini:

Dungeon Siege II © 2002-2005 Gas Powered Games Corp. Portions © 2005 Microsoft Corp. All rights reserved.

Image host by Imageshack. Free image host here!