Logo RPGFID

Dungeon Siege II

RPGFID > Dunia Impian > Dungeon Siege > Dungeon Siege II

Halaman utama | Petualangan kedua | Tokoh | Sistem | Screenshot
Minimum requirements | How to Play? | Quests | Controlling Hero | The Interface | Character Window | Journal Book

<baru! 08/02/2006 by Èxsharaèn> 00:30/26.6 Kbps

Controlling Hero

Semua informasi ini tersimpan di buku jurnal, jadi tidak perlu mencetak halaman ini untuk referensi :D Mudah saja, masih sama dengan DS sebelumnya, klik kiri di tanah untuk menggerakkan Hero. Klik kiri pada item untuk mengambilnya. Klik kiri pada objek apapun di dunia untuk berinteraksi dengannya (misal membuka pintu, peti harta, berbicara dengan orang, dll.). Klik kiri pada anggota kelompok untuk menjadikannya Hero aktif; jadi, kita akan mengontrol Hero tersebut dan sisanya akan dikendalikan komputer. Untuk menyerang, klik kanan pada musuh dan tahan (kita bisa menggeser mouse saat menahan tombol kanan untuk menyerang monster berikutnya). Namun, awas! Jangan asal serbu menyerang suatu musuh. Lihat keterangannya dahulu. Ini penting diperhatikan, karena tiap musuh bisa memiliki karakteristik yang berbeda. Coba perhatikan gambar di bawah ini dan lihat perbedaan status yang ditampilkan gambar berikut dengan gambar sebelumnya.

Pertama, yang paling mudah terlihat sebenarnya adalah wujud monster itu sendiri. Para mini-boss atau monster langka memiliki aura yang berbeda dengan monster biasa. Para monster ini biasa memiliki aura berwarna kuning dan tentu saja lebih kuat dibandingkan monster biasa. Mereka biasa muncul dengan monster biasa, jadi terserah mana dulu yang mau dihabisi.

Kedua, terlihat dari penunjuk HP (Microsoft sudah biasa menerjemahkannya sebagai Health Point, bukan Hit Point seperti pada kebanyakan RPG). Semakin banyak dan unik ornamen kotak penunjuk HP-nya, monster itu semakin kuat, langka, dan kesempatan menjatuhkan item langka lebih besar.

Ketiga, yang patut menjadi pertimbangan taktik menjatuhkan monster tersebut, adalah kotak keterangan monster. Kotak ini menyimpan nama monster, level, HP yang tersisa dalam angka, dan keterangan-keterangan tambahan lainnya. Hal pertama yang patut diperhatikan dari kotak ini adalah warna nama monster. Warna nama monster ini menunjukkan seberapa dekat level monster tersebut dengan level Hero yang aktif saat itu. Ada 5 warna untuk ini: hijau pertanda monster itu terpaut 5 level lebih rendah atau lebih, biru 4-2 level lebih rendah, kuning 1 level lebih rendah hingga 1 level lebih tinggi, oranye 2-4 level lebih tinggi, dan merah 5 level lebih tinggi atau lebih. Amat disarankan menyerang monster yang levelnya dekat dengan level Hero saat itu. Membunuh monster yang levelnya terpaut jauh akan mengurangi perolehan EXP. Untungnya, walaupun seorang Hero tidak seaktif kawan-kawannya dalam membunuh suatu monster, ia akan menerima EXP yang sama dengan kawan-kawannya, tentunya setelah dikurangi penalti level ini.
Berikutnya, perhatikan karakteristik monster yang biasa muncul di bawah nama monster, dan turuti apa yang tertulis di sana! Kalau suatu monster Hates Characters who use Potion, misalnya, ia akan benar-benar marah saat ada yang menggunakan Potion dan akan menyerang Hero itu lebih intens. Boleh lah disebut Berserk, karena kekuatan monster itu akan berlipat ganda saat ia marah. Hati-hati juga dengan keterangan Protects something, karena kalau sampai yang dilindungi terusik (misal Protects Treasure dan ada yang mengambil bahkan hanya 1 Gold), monster itu juga akan marah. Kelebihan dan kelemahan monster juga dapat muncul di sini, namun ini bisa sedikit diabaikan.

Copyright © 2006 RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.

Butuh peta? Silakan minta di sini:

Dungeon Siege II © 2002-2005 Gas Powered Games Corp. Portions © 2005 Microsoft Corp. All rights reserved.

Image host by Imageshack. Free image host here!