Logo RPGFID

Seluk Beluk

RPGFID > Seluk Beluk

<updated! 08/02/2006>

Di halaman ini akan dijelaskan seluk beluk RPG. Silakan dengan bebas menavigasi halaman ini. (Note: Halaman ini mungkin akan amat memanjang ke bawah, jadi sabar yaa...)


Mengenai RPG...
1. Apa sih RPG itu?
2. Bagaimana RPG lahir?
3. Apa sebenarnya inti dari RPG?

Apa saja yang ada dalam RPG?
4. Sistem pertarungan
5. Status

1. Apa sih RPG itu?

Mungkin sebagian besar sudah tahu apa itu RPG, tapi mungkin aja ada yang belum tahu. RPG adalah salah satu genre game, yang merupakan singkatan dari Role Playing Game. Sesuai dengan namanya, dalam game ini player akan berperan sebagai orang lain, dan biasanya mengendalikan lebih dari satu tokoh, biasanya tiga atau empat, yang akan dimainkan dalam waktu bersamaan. Untuk lebih jelasnya mengenai cara bermain, lihat sesi 4.


Kembali ke atas


2. Bagaimana RPG lahir?


Tidak ada yang tahu pasti bagaimana RPG lahir, namun yang jelas RPG mulai dikenal saat video game lahir. RPG pertama mungkin lahir tahun 1987, saat konsol Nintendo sedang berjaya, yang mungkin adalah Legend of Zelda atau Final Fantasy 1. RPG pertama ini mengilhami perusahaan video game lainnya untuk membuat game bergenre serupa. Sejak itulah lahir RPG baru, yang seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi RPG semakin banyak berkembang dan mendapat tempat tersendiri di kalangan gamer.

Kembali ke atas


3. Apa sebenarnya inti dari RPG?


Secara umum, cerita atau ide yang mengilhami RPG secara umum adalah cerita mengenai kebaikan yang akan selalu menang melawan kejahatan. Hanya itu. Tidak ada yang lain. Hanya saja, memang setiap RPG berbeda satu sama lain, baik dalam hal cerita, tokoh, dan banyak lagi. Namun, pada dasarnya, semua RPG bercerita tentang kebaikan versus kejahatan.


Kembali ke atas

4. Sistem pertarungan


Sampai sekarang, sistem pertarungan RPG terus berkembang dan diperbarui sehingga hampir mendekati pertarungan sesungguhnya. Pada dasarnya, ada dua sistem pertarungan dalam RPG, yaitu:

a) Wait-and-see battle
RPG yang menggunakan sistem ini disebut juga old-school RPG karena memang sistem ini dulu sering digunakan dan pertama kali muncul. Pada sistem ini, player memberi perintah pada tiap hero dalam party-nya satu per satu. Setelah selesai, player tinggal wait and see. Sementara player memberi perintah, musuh tidak akan menyerang. Serangan dilakukan bergiliran antara tiap hero dan musuh. Periode ini dinamakan satu ronde. Lalu, siapa dulu yang boleh menyerang?

Pada RPG jenis ini, ada 3 jenis serangan:
1) Normal battle, yaitu player dan musuh sama-sama mendapat giliran pada ronde pertama.
2) First-strike battle, yaitu player mendapat kesempatan untuk memulai ronde pertama tanpa musuh menyerang.
3) Ambushed battle, yaitu player diserang dulu oleh musuh pada ronde pertama. Pada serangan jenis ini, player baru mendapat giliran saat ronde kedua.
Siapa dulu yang boleh menyerang ditentukan melalui suatu perhitungan sederhana. TIap hero dan musuh memiliki kecepatan yang disebut Agility, Speed, atau yang sejenisnya (lihat bagian 5). Dalam sistem lama, siapapun yang Agility-nya terbesar boleh mulai duluan, diikuti Agility berikutnya, dan seterusnya. Untuk menentukan jenis serangannya, bisa digunakan metode dice roll atau ambil angka acak.


Contoh: dalam party, A memiliki AGL 50, B 68, C 44, dan D 64, menghadapi musuh EE dengan AGL 45, FF 65, dan GG 55. Secara berurutan, yang menyerang adalah B, FF, GG, D, A, EE, dan C. Perlu diingat, ini adalah sistem yang paling sederhana. RPG lainnya mungkin memiliki sistem yang lebih rumit dari sistem ini. Contoh RPG yang menggunakan sistem ini adalah Final Fantasy I-III, semua seri Lufia, dan kebanyakan RPG generasi NES dan SNES (walau generasi PS masih banyak menggunakan sistem ini).

Sistem yang sudah sedikit lebih canggih yaitu Active Time Battle. Dalam sistem ini, tiap hero memiliki Active Time sendiri-sendiri. Siapapun yang Active Time-nya penuh pertama kali, dia berhak melancarkan serangan. Walau begitu, kecepatan penuhnya bar itu tetap dipengaruhi AGL. Sistem ini dimiliki Final Fantasy IV ke atas dan sekuel Chrono.

b) Real-time battle
Berbeda dengan sistem pertama, pada RPG ini player langsung berhadapan dengan musuh. Player tidak memilih berbagai macam perintah pada heronya, namun langsung menjalankan hero untuk bertarung. Jadi, tidak ada yang namanya perintah Attack, Defense, Magic, Item, dan sebagainya saat bertarung. Tidak ada perhitungan Agility seperti sistem di atas.
Contoh RPG yang menggunakan sistem ini adalah semua seri Legend of Zelda, Diablo, dsb.

Ada juga RPG yang menggabungkan kedua sistem di atas, misalnya Chocobo's Dungeon 2.

Kembali ke atas

5. Status

Banyak sekali status yang bertebaran di RPG. Sekalipun namanya berbeda, mungkin saja efeknya sama. Beberapa RPG biasanya menghapus status setelah battle selesai. Beberapa lagi membiarkan status hilang setelah beberapa saat, beberapa lagi membiarkannya sampai disembuhkan. Berikut ini status-status yang biasanya muncul. Status-status ini juga akan muncul dalam Our Journey, setelah diadaptasi—akan ada catatan kaki tersendiri mengenai status di sana.

Poison atau Toxic/Toxin, beberapa menyebutnya Venom. Ini adalah degradasi HP secara berkala. Ada yang terjadi saat pertarungan, ada yang terjadi saat orang yang terkena berjalan. Biasanya status ini tidak bisa membunuh seseorang, sekalipun HP-nya tinggal 1. Lawannya adalah Regen, yang justru menambah HP sebagian secara berkala sampai efeknya habis. Perlu diingat, Regen pada makhluk undead justru berefek sama seperti Poison.

Silence. Status ini paling menjengkelkan bagi sebagian orang, karena status ini menyebabkan orang ybs tidak bisa merapal mantera sampai efeknya hilang.

Confuse. Status ini cukup merugikan. Orang yang terkena tidak akan bisa membedakan kawan dengan lawan, sehingga semua akan dilawan, tak peduli kawan sendiri.

Petrify atau Shock. Status ini membuat seseorang tidak bisa bergerak untuk beberapa saat, sehingga tidak bisa menyerang. Di beberapa RPG, kalau semua hero terkena efek ini, itu berarti game over.
Istilah yang mirip dengan efek sama adalah Stun. Pada status ini, seseorang tidak menyerang bukan karena dikutuk, tapi karena terpesona melihat kekuatan musuh. Memang di RPG hal ini tidak kelihatan, tapi tunggu dulu di RPN...
Status lain yang mirip adalah Fear. Yang ini efeknya sama, tapi karena ketakutan melihat musuh. Biasanya terjadi kalau melawan monster undead.
Satu lagi yang mirip adalah Numb. Penyebabnya biasanya bermacam-macam, jadi secara umum orang yang mengalami kelumpuhan sementara dikatakan numb.

Stone. Mirip dengan Petrify, status ini membuat seseorang tidak bisa bergerak karena membatu. Walau begitu, keuntungannya, serangan apapun tidak akan memberikan damage--kecuali batunya sendiri hancur. Di beberapa RPG, kalau semua terkena status ini, itu juga berarti game over.

Zombie. Status ini membuat seseorang menjadi bersifat undead untuk sementara. Mantra dan benda penyembuh justru melukai mereka yang terkena status ini.

Death Sentence. Status ini cukup menegangkan bagi yang terkena. Dalam waktu tertentu, apabila yang merapal mantra ini tidak dibunuh atau mencabut mantranya, yang terkena mantra ini HP-nya akan langsung menjadi nol saat itu juga. Tidak ada mantra yang bisa menyembuhkan status ini dalam sejarah RPG.

Darkness. Ini membuat akurasi serangan menjadi berkurang, sehingga serangan biasanya meleset.

Sleep. Salah satu status yang menjengkelkan, seseorang yang terkena mantra ini akan tertidur sampai beberapa saat atau terkena serangan fisik (serangan magis tidak berpengaruh sekalipun itu menimbulkan MHD).

Death. Banyak kontroversi tentang status ini, mengingat hero tidak benar-benar mati kalau HP-nya nol. Orang yang terkena status ini tidak dapat melanjutkan pertarungan sampai (istilahnya begitu) dibangkitkan lagi. Akan lebih baik kalau status ini dikatakan sebagai Faint (pingsan), seperti yang dilakukan Prokion/Contrail dalam Legend of Legaia (walau, kenyataannya, mereka tidak benar-benar pingsan...)

Slow. Status ini berarti melambatkan gerak yang terkena status (mengurangi AGL untuk sementara) sampai pertarungan berakhir. Lawannya adalah Haste, yang walaupun membuat chara menjadi lebih cepat, ketepatan serangannya berkurang.

Kembali ke atas

Ada lagi yang perlu diketahui mengenai RPG? Jangan sungkan-sungkan! Layangkan surat-e Anda ke alamat e-mail kami rpgfantasy_id@yahoo.com. Surat Anda akan segera dijawab dan dimuat di halaman ini!

Copyright © 2004 RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.

Butuh peta? Silakan minta di sini:

Dilarang menggunakan data-data ini untuk tujuan lain tanpa seizin yang bersangkutan.