Logo RPGFID

Our Journey 20.240

Xath

RPGFID > Dunia Lain > RPN > OJ > Tokoh > Xath
Zhaxmâr | Hoshiro/Èxsharaèn | Quésha | Xath | Ulotra | Karl | Zèrræ | Fösh | Lilíllth | Stãsh | Dhran(eff) | Zarâchn 14-M | Frugal | Myu | Mark | Joe | Zhârashq

<updated! 08/02/2006>

Dalam Our Journey, tokoh Xath paling sering muncul dan berbicara, bahkan dibandingkan ketiga tokoh utamanya. Ia juga paling sering bertindak konyol dan mendapat kesialan, menjadikan hiburan tersendiri dalam cerita Our Journey yang seharusnya berjalan serius. Bagaimana sih latar belakang tokoh ini?

History of Life

Sejarah Xath sedikit terungkap di bab 22 (Across the Sea) setelah suatu peristiwa menimpanya. Ia pasrah saja saat mengetahui sejarah yang sama akan ditulis di sini.

Xath dilahirkan pada tanggal 17 bulan 3 tahun 154796 H.R. di sebuah desa kecil Sallashq, subkingdom Chad Dulûm. Ia adalah anak tunggal. Ibunya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa. Ayahnya bekerja sebagai seorang prajurit di ibukota dan jarang pulang. Hidupnya semasa kecil bisa dibilang sangat keras. Selama tinggal di Sallashq, ia tidak pernah punya teman. Kebanyakan mengejeknya karena fisiknya yang kurang sempurna: gemuk dan pendek. Ia hanya bisa tinggal di rumah sambil sesekali membantu ibunya.

Umur 7 tahun, ia harus kehilangan ayahnya karena serangan besar-besaran Örc, Tröll, dan Warg di salah satu subkingdom. Ia mengalami stres sangat berat karena kehilangan satu-satunya orang yang paling ia kagumi. Lima tahun ia jalani dengan sangat berat tanpa kehadiran seorang kepala keluarga, sampai akhirnya ia dan ibunya pindah ke Xanâdhí dan tinggal di rumah bibi dari ibunya. Di sana, kehidupannya nampak kembali normal setelah ia berjuang keras memulai hidupnya dari awal. Ia akhirnya mempunyai sahabat karib bernama Nathân, yang akhirnya menimbulkan suatu kelainan dalam dirinya (cerita selengkapnya ada di bab 22).

Umur 17 tahun, untuk mengenang ayahnya, ia mendaftar menjadi seorang polisi. Ia masuk ke dalam akademi dan mencoba mengulangi semuanya dari awal. Ia berhasil dalam hal ini, dan mendapatkan lebih banyak teman baru, termasuk Èxsharaèn dan Ulotra yang akhirnya menjadi sahabat karibnya. Sampai usianya 21 tahun sekarang (saat artikel ini ditulis), dia merasa cukup bahagia dengan kehidupannya sekarang, terutama setelah ikut dengan Èxsharaèn.

Characteristics

Karena masa lalunya yang keras, Xath bisa dibilang paling tegar menghadapi sesuatu. Namun, jika menghadapi masalah, ia cenderung agak tertutup dan ingin menyelesaikannya sendirian. Di luar pengaruh masa lalunya, ia adalah orang yang paling ceria dan optimis, serta paling tidak bisa diam (terpengaruh elemen Api). Sayangnya, ia paling takut pada hal-hal mengerikan semacam setan, apalagi saat menghadapi makhluk-makhluk undead seperti di bab 22.

Mengenai kemampuannya, ia paling cepat bereaksi. Kadang-kadang ia membuat kesalahan dengan keliru merapal mantra atau bahkan keliru menarget. Namun, secara umum, ia tidak bisa diremehkan begitu saja. Ia selalu kejar-kejaran level dengan Èxsharaèn (karena ia tahu ia akan sangat sulit mengejar Ulotra), dan pernah terjadi sekali (selepas bab 24).

Magi

Selain karena ia hanya memiliki satu karsh, satu elemen yang dipegangnya sejak lahir (Api) membuat sihirnya hanya berpusat pada mantra-mantra api, sekalipun pernah terjadi ia belajar mantra paling dasar Wâr paling cepat dibandingkan teman-temannya.

Berikut ini daftar sihir dan teknik IP yang telah ia kuasai sejauh ini, tertulis dalam bahasa Inggris (penerjemah UiL-nya lagi malas mikir, dasar!).

Fir i Magi (Mantra Fir)

Level 1-5 golongan Fir, mengeluarkan bola api kecil. Level A untuk golongan ini bernama Fircírca.

Level 6-10 golongan Flamm, menyemburkan api. Level A bernama Flammâkh Linnéa.

Level 11-15 golongan Magma, mengeluarkan kolam magma dari bawah musuh. Level A bernama Ramagma.

Level 16-17 golongan Pigmarl, membuat pilar-pilar api di sekeliling musuh.

IP qu Tech (Teknik IP)

Flammâth Pagra, memukul musuh dengan pukulan berapi (lebih sering diterjemahkan Flame Punch).

Ragnârök, memanggil Ragnârök untuk membuat hujan meteor.

Statistics

Statistik Xath dapat disimak berikut.

Level sekarang: 61 (sampai bab 36)

EXP next level
57172318
IP-LVL
2
M-LVL max
17
Elemen
Fir
Max HP
36795
Max MP
4278
STR
88
ATP
60
ATP‰
598
CHC
127
CON
646
DFP
113
DFP‰
586
EVA‰
293
MGA
69
MGA‰
592
MCH
227
MCO
616
MGR
108
MGR‰
659
MVA
435
AGL
646
VIT
616
FOR
391
GUT
519
INT
506
IQ
119
EQ
147
SQ
132

From the Author...

Sejatinya, tokoh Xath hanyalah seorang figuran yang aku munculkan di awal bab 12 (The Second Prophecy) bersama dengan Ulotra untuk menemani Èxsharaèn. Namun, sewaktu menulis bab tersebut, aku melihat hubungan Èxsharaèn dengan Xath dan Ulotra menjadi semakin erat. Itu sebabnya, aku memutuskan untuk melibatkan mereka berdua dalam petualangan Èxsharaèn, malah aku membuat suatu persahabatan erat di antara mereka, yang juga diramalkan oleh Ramalan Vandhuln 45. Sebenarnya, kelak persahabatan ini diramalkan akan putus oleh Ramalan Vandhuln 45, tapi aku belum tahu pasti kebenarannya. Sayang sih, tapi kalau Ramalan berbicara begitu, ya mau apa lagi. Terkena Ramalan yang sama, sepertinya Xath akan menjadi salah satu tokoh dalam kelompok Trihörrèan yang akan mengalami nasib tragis. Namun, sekali lagi, ini masih belum pasti.

Aku suka dengan tokoh Xath ini. Mungkin dia adalah tokoh yang paling sering aku kerjai dalam OJ, terutama waktu dikutuk menjadi katak dan disembuhkan oleh Myu dengan ciumannya (lama baru aku berhenti ketawa setelah nulis itu). Dia juga tokoh yang paling menderita dengan masa lalunya (entah kenapa aku bisa buat begitu). Di beberapa tempat, ia sepertinya menggantikan tokohku dan berperan sebagai pemain utama. Sesekali, ia juga yang mengeluarkan jurus-jurus hebat semisal Ragnârök, Perfècta Squâr Shagön, Final Purification Flame, dan banyak lagi. Ia juga sesekali melakukan hal yang tidak masuk akal, seperti mampu memanggil Shìva. Keistimewaannya banyak, aku jadi merasa sayang untuk melenyapkannya.

Begitulah Xath, dari seorang figuran biasa sampai menjadi tokoh sampingan yang sama pentingnya dengan tokoh utama. Walaupun kelihatannya nasibnya selalu sial, kelak ia akan mendapatkan upah atas kesialannya itu. Tunggu kabar berikutnya.

Copyright © 2004 RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.

Butuh peta? Silakan minta di sini:

Our Journey © 2003, 2004 Our Journey team. All rights reserved.