Logo RPGFID

Our Journey 20.240

Stãsh

RPGFID > Dunia Lain > RPN > OJ > Tokoh > Fösh
Zhaxmâr | Hoshiro/Èxsharaèn | Quésha | Xath | Ulotra | Karl | Zèrræ | Fösh | Lilíllth | Stãsh | Dhran(eff) | Zarâchn 14-M | Frugal | Myu | Mark | Joe | Zhârashq

<updated! 08/02/2006>

History of Life

Stãsh dilahirkan di kota Barnûth, subkingdom Soranthís, kerajaan Líghtran, pada tanggal 10 bulan 3 tahun 154801 H.R. (ini sesuai keadaan aslinya lho!). Sejak kecil ia memang sudah berbadan besar, dan itu cukup menguntungkannya. Ia tinggal bersama kedua orang tuanya, kakak dan adik perempuannya.

Pada umur sepuluh tahun, ayahnya mulai mendidiknya pembentukan badan (body building). Itulah sebabnya, hingga kini ia bertubuh kekar dan amat kuat. Sejak delapan bulan sebelum kisah Our Journey pertama ditulis (kira-kira akhir tahun 154816 H.R.), ia dan ayahnya mendirikan usaha body building, salah satu usaha yang belum resmi diterima pemerintah Líghtran namun diizinkan berdiri. Usaha ini didirikan untuk membantu para pemuda maupun orang dewasa yang amat ingin membentuk atau memperkuat tubuhnya. Usaha ini amat diminati mereka yang mengincar pekerjaan (primari maupun sècöndari i karsh) yang membutuhkan tenaga fisik tinggi, misalnya ksatria, prajurit, polisi, pekerja bangunan, prajurit bayaran, dan lainnya. Itu pula sebabnya usahanya amat laris di Barnûth.

Walaupun lumayan jarang dipanggil, akhir-akhir ini ia juga memiliki pekerjaan sampingan sebagai agen rahasia (Special Agent) berkode 006,5 (dia sendiri yang minta!). Tak ada yang tahu tentang pekerjaannya ini, walau pemerintah Líghtran selalu mengabulkan pekerjaan yang aneh-aneh namun masih terbilang aman (lain halnya dengan kasus Lilíllth). Belum ada cerita spesifik mengenai pekerjaan sampingannya ini, namun kelak ia akan sangat berguna untuk hal-hal seperti itu.

Characteristics

Stãsh amat baik hati dan mau membantu siapa saja yang membutuhkan. Apabila sudah mempunyai sahabat dekat, ia akan cenderung lengket pada sahabatnya itu, sehingga kadang-kadang sahabatnya justru jengkel akan sifatnya ini. Walaupun demikian, ia bersedia melakukan apa saja demi sahabatnya itu. Dalam melakukan sesuatu, ia amat rajin dan tidak mudah menyerah jika menemui kesulitan; ia akan berusaha terus sampai selesai. Ia juga tidak malu meminta bantuan orang lain untuk menolongnya. Terhadap hidup, ia selalu menghadapinya dengan santai, namun jika diperlukan, ia bisa menjadi amat serius.

Kelemahannya, ia agak kaku dan cukup sulit bergaul dengan orang yang baru dikenalnya. Ia juga lumayan mudah tersinggung, walaupun sahabatnya tahu ia hanya main-main. Kadang-kadang ia juga bisa malas, walaupun biasanya rajin bukan main; terlihat dari jam buka body building-nya sebelum ceritanya ditulis. Ia juga selalu menginginkan agar keinginannya terpenuhi (ini baik atau buruk ya?).

Techniques

Beberapa orang memang terlahir tidak dapat menggunakan sihir, termasuk Stãsh. Ia bahkan juga tidak tahan terhadap sihir, sehingga apabila berhadapan dengan sihir, ia hanya bisa mengandalkan insting dan naluri untuk menghindar sambil memikirkan cara untuk melawan musuh dengan tangan kosong.

Walaupun tidak dapat menggunakan sihir, ia dapat melancarkan jurus-jurus tertentu (mirip dengan Chrono Trigger) yang sama sekali tidak menggunakan MP, namun menggunakan IP. Khusus mengenai teknik IP, sesuai dengan yang tertulis di Chapter 7, Stãsh akan mempelajari teknik IP baru jika levelnya mencapai kuadrat IP level berikutnya. Contohnya, jika teknik IP-nya berada pada level 6, ia akan mempelajari teknik IP level 7 pada saat levelnya mencapai 49. Ia dapat mempelajari maksimum 12 teknik IP.

Setelah menguasai teknik IP level 7, elemennya akan berubah ke Fir. Ini sebenarnya sudah ditandai dari sifat-sifatnya yang mengarah ke Fir (ikuti edisi lalu tentang sifat-sifat terpengaruh elemen). Ia tetap tidak akan menggunakan sihir, namun kemampuannya akan jauh berkembang. Bahkan, ia akan dapat melakukan combo i magus dengan teknik bertarung yang ia miliki (termasuk teknik IP) dengan variasi Fir.

Sebenarnya, ia juga memiliki teknik-teknik bertarung biasa yang sama sekali tidak membutuhkan MP maupun IP, hanya saja mengonsumsi STR. Teknik-teknik ini sengaja tidak diekspos untuk menjaga kerahasiaan teknik-tekniknya yang ia pelajari dari ayahnya maupun ia kembangkan sendiri. Ada banyak teknik yang sudah ia kuasai, dan sampai sekarang ia masih mencoba mengembangkan teknik baru.

Berikut ini daftar teknik IP yang sudah ia kuasai, tertulis dalam Bahasa Umum (UiL) dan padanannya dalam bahasa Inggris, serta penjelasannya.

10-M i Pagra (10 Times Punch), 50 IP. Memukul musuh sepuluh kali berturut-turut.

Sömersault, 85 IP. Menendang musuh selagi berputar terbalik di udara.

Podomptum Marra (Trickful Kick), 132 IP. Menendang musuh di muka, perut, dan kaki.

Rând 4 Visil (4 Random Attacks), 166 IP. Menyerang musuh dengan 4 serangan berbeda sekaligus.

Cricki i Énöm (Enemy Slam), 210 IP. Menggunakan tenaga musuh untuk membantingnya, kemudian mengunci dan memberikan pukulan telak.

Dèathun i Pagra (Deathful Punch), 300 IP. Mengumpulkan seluruh tenaga kemudian memukul musuh di titik terlemah.

Flammâth Pagra (Flame Punch), 364 IP. Teknik ini sama dengan yang digunakan Xath sewaktu menyelamatkan Zhaxmâr.

Statistics

Statistik Stãsh bisa diikuti di halaman Yang Terpilih.

From the Author...

Karakter Stãsh sebenarnya sudah ada sejak Our Journey pertama kali ditulis (bahkan sebelum OJ dirilis untuk RPG Fantasy Indonesia). Ia juga mendapatkan slot pengenalan di bagian 1 (Prolog) OJ. Namun, setelah setahun lebih berlalu, baru sekarang (bab 25 dan 28) ia muncul dengan lengkap. Sori ya...

Tokoh Stãsh ini agak berbeda sedikit dengan aslinya. Di OJ, ia malah cukup jarang bicara, berbeda dengan aslinya yang lumayan cerewet. Sifat kekanak-kanakannya juga masih belum muncul di sini. Hanya optimisme dan kepandaiannya yang luar biasa sudah benar-benar keluar.

Sejatinya, Stãsh meminta agar dirinya menjadi seorang ksatria. Namun, karena karsh ini sudah diambil tokoh utama Zhaxmâr, agar lebih bervariasi, aku memintanya untuk memikirkan karsh lain. Keluarlah monk (biarawan). Namun, karena aku belum terlalu familiar dengan karsh ini seperti di FF (aku tahunya cuma Gala dari Legend of Legaia waktu itu), aku memodifikasinya sedikit. Jadilah Body Builder, karsh yang menurut kami berdua agak lucu dan aneh. Toh, ia tetap menerimanya, dan sekarang karsh itu malah menjadi umum. Satu lagi, ia meminta sècöndari i karsh yang agak aneh: semacam agen rahasia seperti James Bond. Waktu itu aku kebingungan setengah mati: gimana caranya memunculkan agen rahasia dalam sebuah RPN ber-setting zaman pertengahan? Toh, aku biarkan dulu (karena itu hanya pekerjaan sampingan), dan jadilah nama karsh yang agak aneh (aku nggak bisa membayangkan raut wajah petugas pendaftar karsh waktu ia mendaftar): Special Agent 006,5. Memang, selepas bab 28, karsh ini belum banyak diekspos, tapi entah suatu saat nanti...

Sekarang, karakter ini masih dalam pengembangan berikutnya, karena ia baru akan tampil kembali di bab 32 dan seterusnya. Tunggu kabar selanjutnya.

Copyright © 2004 RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.

Butuh peta? Silakan minta di sini:

Our Journey © 2003, 2004 Our Journey team. All rights reserved.