Logo RPGFID

Yu-Gi-Oh!

Kartu

RPGFID > Dunia Impian > Yu-Gi-Oh! > Kartu

<updated! 08/02/2006>

Outline berikut disesuaikan dengan ToC (daftar isi) yang ada di buku aturan:

Pengantar
Isi
Tujuan Permainan
Memenangkan Duel
Mulai!
  Siapkan dek
  Gameplay
  Sikap selama Duel
Game Mat
Kartu-Kartu
  Kata-kata dalam Teks
  Monster Cards
    Normal Monster Cards
    Fusion Monster Cards
      Fusion Deck
    Ritual Monster Cards
    Effect Monster Cards
    Monster Tokens
  Spell Cards
    Normal Spell Cards
    Continuous Spell Cards
    Equip Spell Cards
    Field Spell Cards
    Quick-Play Spell Cards
    Ritual Spell Cards
  Trap Cards
    Normal Trap Cards
    Counter Trap Cards
    Continuous Trap Cards
  Ikon kartu
Reaksi Berantai (Chains)
  Apa itu Chain?
  Kesempatan untuk Merespon
  Kecepatan Spell
Fase-Fase Permainan
  Terminologi Permainan
  Flowchart
  Draw Phase
  Standby Phase
  Main Phase 1
    Summon atau Set Monster Cards
      Normal Summon/Tribute Summon
      Flip Summon
      Special Summon
    Aktifkan atau Set Spell & Trap Cards
      Rangkuman
      Mengendalikan Monster Lawan
  Battle Phase
    Tabel Referensi Cepat
    Start Step
    Battle Step
      Alur Battle & Damage Step
      Aturan Replay
    Damage Step
      Menghitung Damage
        Saat monster lawan ada pada posisi Attack
        Saat monster lawan ada pada posisi Defense
        Direct Damage: saat tidak ada lagi monster lawan
    Contoh
    End Step
  Main Phase 2
  End Phase
  Akhir Duel
Konstruksi Dek
  Aturan konstruksi dek
  Tips
  Forbidden dan Limited Cards

Siapkan mouse Anda karena halaman ini akan sangat memanjang ke bawah!

Takut tidak mengerti? Jangan khawatir! Kami menyediakan contoh-contoh sederhana bila diperlukan.

Kartu-Kartu

Pada beberapa kasus, keterangan berikut mungkin akan bertentangan dengan apa yang tertulis di kartunya. Bila ditemui hal semacam ini, Konami menyarankan mengikuti apa yang tertulis di kartunya.

Kembali ke atas.

Kata-kata dalam Teks

Kata-kata berikut ini cukup penting untuk dihapalkan karena banyak sekali digunakan. Pahami baik-baik!

Activate. Saat menggunakan efek Spell Card, Trap Card, dan Effect Monster Card, Anda mengaktifkan (Activate) efek kartu itu. Saat meng-Activate, efeknya langsung aktif saat itu juga.

Set. Menaruh kartu dalam posisi hadap-bawah pada lahan permainan dikatakan sebagai set. Efek kartu yang di-Set tidak diaktifkan saat itu juga. Monster Card yang di-Set juga tidak dianggap sebagai di-Summon sampai kartu itu dibalik hadap-atas dengan cara tertentu. Monster yang di-Set harus diletakkan secara horizontal hadap-bawah dalam posisi Defense (Monster yang di-Normal Summon diletakkan secara vertikal hadap-atas dalam posisi Attack). Spell dan Trap Card yang di-Set diletakkan secara vertikal hadap-bawah.

The Field. Monster Card Zone, Spell & Trap Card Zone, dan Field Zone; ketiganya dikatakan sebagai field.

Destroyed. Kartu yang di-Destroy dikirim langsung ke Graveyard.

Removed from Play. Kartu yang di-Remove from Play TIDAK dikirim ke Graveyard, namun dikeluarkan dari Field dan tidak boleh memasuki permainan kembali (Duel yang sedang berlangsung).

Nah, sekarang kita akan masuk ke dalam jenis-jenis kartunya.

Kembali ke atas.

Monster Card

Monster Card adalah kartu dasar yang digunakan untuk menyerang dan bertahan. Terkategori dalam 20 tipe dan 6 atribut (elemen), dua-duanya mempengaruhi kemampuan suatu monster untuk menyerang dan bertahan.

Tipe

Dragon Spellcaster Zombie Warrior Beast-Warrior
Beast Winged Beast Fiend Fairy Insect
Dinosaur Reptile Fish Sea Serpent Machine
Thunder Aqua Pyro Rock Plant

Atribut

chi (地) sui (水) honoo (炎) kaze (風) hikari (光) yami (闇)

Kekuatan rata-rata sebuah Monster Card ditunjukkan dengan Level (jumlah bintang yang ada di pojok kanan atas tiap kartu).

Kembali ke atas.

Ada 5 jenis Monster Card. Apa saja mereka?

Normal Monster Card

Kartu ini berwarna KUNING. Kartu ini adalah Monster Card biasa yang tidak mempunyai efek apa-apa; hanya digunakan untuk menyerang dan bertahan saja. Teks yang berada di boks bawah (yang dicetak miring) hanyalah teks deskriptif biasa dan tidak mempunyai pengaruh pada permainan.

Selain itu, Normal Monster Card dapat dikorbankan (di-Tribute) untuk Tribute Summon, membayar efek tertentu (Cost Effect), bahkan menjadi bagian dari Fusion Monster yang akan dijelaskan berikut. Untuk cara menggunakannya, lihat Main Phase 1.

Nama Atribut Level Kode dek dan nomor urut Tipe Deskripsi Attack Point dan Defense Point

Normal Monster Card

Kembali ke atas.

Fusion Monster Card

Fusion berarti menggabungkan 2 Monster Card atau lebih dengan Spell Card Polymerization untuk menciptakan monster baru, diwakilkan dengan Fusion Monster Card. Tiap Fusion Monster Card mendaftarkan monster apa saja yang dibutuhkan untuk membentuk dirinya (disebut Fusion-Material Monster), dan ditandai dengan tulisan FUSION di samping Tipe. Fusion Monster Card berwarna VIOLET (Èxshan: walaupun kelihatannya lebih condong ke ungu...).

Aturan mainnya, jika Anda memiliki Spell Card Polymerization dan semua Fusion-Material Monster yang dibutuhkan, baik di lahan maupun di tangan, Anda bisa melakukan fusi sebagai Special Summon dengan mengaktifkan Polymerization.

Saat melakukan Fusion, ambil Fusion Monster Card yang dikehendaki dari Fusion Deck dan letakkan hadap-atas dalam posisi baik menyerang maupun bertahan. Kedua (atau lebih) Fusion-Material Monster yang sudah difusi, bersama dengan Spell Card Polymerization yang digunakan untuk melakukan fusi ini, di-Destroyed.

Apabila Fusion Monster Card di-Destroy, kartu itu dikirim ke Graveyard. Jika dikembalikan ke tangan (returned to your hand), letakkan kembali di Fusion Deck.

Karena Fusion Monster dikategorikan sebagai Special Summon, monster ini akan kebal terhadap beberapa macam kartu seperti Trap Hole. Juga, karena ini dianggap Special Summon, pemain boleh melakukan Normal Summon atau menge-Set monster lain dalam satu giliran.

Contoh! Saat giliran Èxshan, pada Main Phase 1, di tangan Èxshan ada kartu Time Wizard, kartu Baby Dragon ada di Field dalam posisi Attack, sementara kartu Polymerization sudah di-Set sejak awal permainan (mungkin aja lho!), dan di Fusion Deck Èxshan ada kartu Fusion Monster Thousand Dragon. Èxshan menyebutkan akan melakukan Fusion, maka Èxshan harus melakukan hal-hal berikut. Pertama, aktifkan kartu Polymerization (kalau semula di tangan, letakkan kartu ini di Spell & Trap Card Zone). Kemudian, Èxshan mengambil kartu Time Wizard dan memindah kartu Baby Dragon dari Field, menggantinya dengan kartu Thousand Dragon yang Èxshan letakkan hadap-atas dalam posisi Attack (Defense juga boleh). Ketiga kartu tadi: Polymerization, Time Wizard, dan Baby Dragon Èxshan letakkan di Graveyard. Selesailah Fusion ini! Setelahnya, Èxshan bisa menge-Set atau me-Normal Summon kartu Flame Manipulator.

+ + jadilah

Nama monster Level Atribut Fusion-Material monster Tipe Penanda Fusion Monster Attack Point dan Defense Point Kode dek dan nomor urut

Kartu-kartu yang dibutuhkan untuk melakukan fusion Thousand Dragon

Kembali ke atas.

Fusion Deck

Sebuah Fusion Deck adalah kumpulan Fusion Monster Card yang dihasilkan dari fusi yang berhasil. Saat melakukan Fusion, Fusion Monster dipilih dari Deck dan bukannya diambil secara acak. Fusion Deck harus selalu disendirikan dari Main Deck dan diletakkan hadap-bawah di Fusion Deck Zone. Harap diingat bahwa jumlah Fusion Monster Card TIDAK DIHITUNG dalam limit minimum 40 kartu pada Main Deck.

Kembali ke atas.

Ritual Monster Card

Monster ini agak jarang ditemui, namun peranannya cukup berarti dalam permainan. Ritual Monster Card adalah monster khusus yang bisa dipanggil ke Field hanya jika pemain memiliki Ritual Spell Card yang sesuai dan Monster Card yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan yang tertulis di Ritual Monster Card sebagai Tribute, baik di tangan maupun di Field. Ritual Monster Card berwarna BIRU.

Harap diingat, Ritual Monster Card dimasukkan ke dalam Main Deck, BUKAN Fusion Deck. Itu sebabnya, mereka juga dihitung dalam batas minimum 40 kartu pada Main Deck.

Cara memakainya. Misalnya di tangan Dhranèff ada Ritual Spell Card Black Illusion Ritual yang dibutuhkan oleh monster Relinquished, yang juga ada di tangannya. Di Field-nya, ada monster Hane-Hane dalam posisi Defense. Ia bisa melakukan Ritual Summon. Caranya begini. Baca dulu keterangan di Ritual Spell Card, yang dalam contoh ini tertulis begini: This card is used to Ritual Summon Relinquished. You must also offer monsters whose total Level Stars equal 1 or more from the field or your hand as a Tribute. Bila syarat ini terpenuhi, Ritual Summon bisa dilakukan. Hasil akhir, di Field Dhranèff sekarang ada monster Relinquished, menggantikan Hane-Hane dalam posisi Attack maupun Defense. Kartu Hane-Hane dan Black Illusion Ritual dikirim ke Graveyard.

Seandainya kartu Relinquished di-Destroy, Dhranèff harus mengirimnya ke Graveyard. Kalau di-return to hand, Dhranèff tidak bisa menaruhnya di Field kembali tanpa melakukan Ritual Summon yang sama.

Ritual Summon dikategorikan sebagai Special Summon, sehingga dalam giliran yang sama Dhranèff bisa melakukan Normal Summon atau Set yang lain.

Contoh Ritual Monster Card.

Ini salah satu contoh efeknya, diambil dari monster Relinquished: This monster can take on the ATK and DEF of 1 opponent's monster on the field (a face-down monster results in an ATK and DEF of 0). Treat the selected monster as an Equip Spell Card and use it to equip Relinquished. You may use this effect only once per turn and can equip Relinquished with only 1 monster at a time. When your opponent's monster attacks this monster with an ATK higher than Relinquished, the equipped monster is destroyed instead of Relinquished. Any Life Point damage you receive from the attacking monster when Relinquished is equipped is also inflicted on your opponent.

Kembali ke atas.

Effect Monster Card

Monster Card yang mampu memberikan efek sihir disebut Effect Monster Card. Effect Monster Card berwarna ORANYE (Èxshan: walau kelihatannya mirip cokelat...). Ikuti aturan yang tertulis di tiap kartu untuk mendapatkan efeknya, karena Effect Monster Card ada berbagai jenis, seperti dijelaskan berikut:

Flip

Monster ini mudah dikenali dengan tulisan FLIP pada awal deskripsinya. Efek monster ini aktif saat kartu ini dibalik (di-Flip) dari posisi hadap-bawah ke hadap-atas. Efeknya juga aktif apabila monster ini di-Flip sebagai hasil Spell atau Trap Card, atau juga karena serangan monster biasa. Apabila monster ini di-Destroy setelah diaktifkan dengan cara ini, Flip Effect-nya dilakukan SEBELUM kartu itu dikirim ke Graveyard.

PENTING! Kalau monster ini di-Normal Summon daripada di-Set, efeknya tidak aktif.

Contoh! Èxshan sudah menge-Set kartu Magician of Faith (DEF 400). Lawan Èxshan, misalnya Stãsh, menyerang kartu tersebut dengan kartu Terra the Terrible (ATK 1200). Sebelum dikirim ke Graveyard, Èxshan berhak melakukan efeknya, yaitu select 1 Magic Card from your Graveyard and return it to your hand.

Nama Atribut Level Attack Point dan Defense Point Cukup perhatikan kata ini untuk mengenali Flip Effect Monster Tipe Kode dek dan nomor urut

Continuous Effect

Selama kartu ini tetap berada hadap-atas di Field, efeknya tetap aktif. Jika monster ini dibalik hadap-bawah, efeknya tidak aktif lagi. Jangan khawatir, kartu ini mudah dikenali dengan kata-kata As long as this card remains face-up on the field, ... .

Contoh! Èxshan mempunyai monster Baby Dragon (atr Wind ATK 1200) hadap-atas, Stãsh mempunyai monster Hard Armor (atr Earth ATK 300) hadap-atas. Pada giliran Èxshan, Èxshan me-Normal Summon monster Milur Radiant yang mempunyai efek As long as this card remains face-up on the field, increase the ATK of all EARTH monsters by 500 points and decrease the ATK of all WIND monsters by 400 points. Saat itu juga, ATK Baby Dragon menjadi 800 sementara ATK Hard Armor menjadi 800.
Jika Milur Radiant di-Destroy pada giliran berikutnya, ATK Baby Dragon kembali menjadi 1200 sementara ATK Hard Armor juga kembali menjadi 300.

Nama monster Atribut Level Attack Point dan Defense Point Kode dek dan nomor urut Tipe

Cost Effect

Buang kartu dari tangan atau bayar sejumlah LP untuk mengaktifkan efek kartu ini. Biayanya bervariasi dari kartu ke kartu, jadi pastikan baca baik-baik keterangannya (dan belajar bahasa Inggris lebih baik lagi)!

Trigger Effect

Kartu ini diaktifkan setelah persyaratan yang tertulis di kartu (misalnya membuat Direct Damage ke lawan, dsb.) terpenuhi. Kertu ini biasanya ditandai dengan tulisan When this card... atau If this card... .

Contoh! Stãsh mempunyai monster Holy Elf (ATK 800) hadap-atas. Pada giliran Èxshan, Èxshan menge-Set kartu Sangan (DEF 600) dan memilih End Phase. Pada giliran Stãsh, Holy Elf menyerang Sangan. Karena efeknya adalah When this card is sent from the field to the Graveyard, move 1 monster with an ATK of 1500 or less from your Deck to your hand. Your Deck is then shuffled, maka pada giliran berikutnya, Èxshan berhak menarik, misalnya, kartu Swordsman of Landstar (ATK 500) ke tangan dan kemudian mengocok Main Deck Èxshan, dan mengambil kartu lain (karena Draw Phase sebenarnya belum dijalankan). Hati-hati, walaupun mirip, ini bukan Flip Effect.

Nama monster Atribut Level Attack Point dan Defense Point Kode dek dan nomor urut Tipe

Multi-Trigger Effect

Monster ini adalah jenis Trigger Effect Monster spesial yang efeknya bisa diaktifkan bahkan saat giliran lawan. Kartu ini tidak ada di Starter Pack.

Kembali ke atas.

Monster Tokens

Monster Token digunakan sebagai pengganti Monster Card. Token ini mewakili monster yang muncul sebagai akibat pengaktifan kartu lain. Karena mereka bukan kartu sungguhan, mereka tidak diikutkan dalam Main Deck.

Gunakan koin atau penanda lainnya, yang paling tidak punya dua sisi yang bisa digunakan untuk menandai posisi Attack dan Defense. Kalau mau paling aman, pakai saja kartu remi ^_^.

Saat dimainkan, Monster Token diletakkan pada Monster Card Zone. Saat di-Destroy, token ini langsung dikeluarkan dari Field. Begitu juga kalau token ini di-return to hand karena efek kartu lain, token ini langsung dikeluarkan.

Monster Token dihitung pada batas maksimum 5 kartu pada Monster Card Zone.

Kembali ke atas.

Spell Card (d.h. Magic Card)

Menurut Upper Deck Entertainment, pembuat resmi YGO TCG untuk daerah AS dan Kanada, penyesuaian telah dilakukan terhadap Magic Card. Agar sesuai dengan cerita serta game yang sudah beredar, Magic Card kini menjadi Spell Card. Kartu lama yang masih bertuliskan Magic Card masih tetap berlaku dan diperlakukan sama seperti Spell Card.
Ini menjawab kebingungan para pemain karena ada 2 jenis kartu yang beredar, yaitu Magic dan Spell Card. Ini juga menjawab kerancuan di game Power of Chaos, karena saat bermain Yugi lebih sering menyebutnya Spell Card, padahal yang tertulis Magic Card. Untuk kita sih, sepertinya belum ada masalah karena kartu yang beredar di sini masih bertuliskan Magic Card (hanya saja ada 2 versi: Jepang dan AS/Kanada). Di sini, Èxshan akan menyebutnya Spell Card untuk memulai penyesuaian ini.

Spell Card berwarna HIJAU. Ada beberapa macam Spell Card. Spell Card hanya bisa diaktifkan atau di-Set pada Main Phase 1 atau 2. Perkecualian untuk aturan ini adalah Quick-Play Spell Card. Jenis-jenis Spell Card ditunjukkan dengan ikon kecil di pojok kanan atas.

Kembali ke atas.

Normal Spell Card

Normal Spell Card tidak memiliki ikon. Sekali efeknya diaktifkan, kartu ini langsung di-Destroy. Tidak jarang mereka sangat kuat.

Contoh paling mematikan! Èxshan mempunyai 5 monster di lahan sementara Stãsh hanya punya satu. Pada giliran Stãsh, Stãsh mengaktifkan Spell Card Dark Hole dengan efek Destroys all monsters on the field. Keenam monster yang ada di Field langsung di-Destroy.

Nama Spell Card Sekarang namanya Spell Card Kode dek dan nomor urut

Kembali ke atas.

Continuous Spell Card

Kartu ini tetap berada di Field sekali diaktifkan dan efeknya tetap aktif sampai kartu ini di-Destroy atau dikeluarkan dari Field. Kadang-kadang ada biaya yang harus dibayar untuk mengaktifkan kartu ini.

Contoh! Stãsh sudah mempunyai 4 kartu Exodia (lihat Limited Card). Untung-untungan, agar Stãsh tidak mendapatkan kartu terakhir, Èxshan mengaktifkan Spell Card Card Shuffle dengan efek Pay 300 of your Life Points to shuffle either you or your opponent's Deck. You can use this effect during your own turn, once per turn. Untuk itu, Èxshan harus membayar 300 LP agar bisa mengocok Main Deck milik Stãsh. Jangan-jangan malah kartu terakhir itu pindah ke atas...

Nama Spell Continuous (lihat daftar ikon di bawah) Kode dek dan nomor urut

Kembali ke atas.

Equip Spell Card

Kartu ini dapat mengubah kekuatan monster yang di-Equip. Saat memainkan kartu ini, letakkan sedemikian rupa sehingga sedikit bertumpuk pada Monster Card yang di-Equip. Kartu ini hanya dapat digunakan untuk monster yang menghadap-atas. Walau begitu, baik monster sendiri maupun monster lawan bisa di-Equip dengan kartu ini. Pada beberapa kasus, ada monster yang tidak bisa di-Equip. Satu monster boleh di-Equip lebih dari satu Equip Spell Card. Walau begitu, Equip Spell Card dihitung pada batas maksimum 5 kartu pada Spell & Trap Card Zone, sekalipun digunakan untuk meng-Equip monster lawan.

Contoh! Stãsh memiliki Summoned Skull (ATK 2500) hadap-atas, sementara Èxshan baru saja mem-Fusion Thousand Dragon (ATK 2400 DEF 2000). Kalau tidak ada halangan lain, Èxshan bisa menghadapi Summoned Skull dengan meng-Equip Thousand Dragon dengan Spell Card Dragon Treasure, yang memiliki efek A Dragon-Type monster equipped with this card increases its ATK dan DEF by 300 points. Dengan demikian, ATK Thousand Dragon menjadi 2700 sementara DEF-nya menjadi 2300, dan ia siap menyerang Summoned Skull dengan damage sebesar 200 (perhitungan damage tunggu edisi berikutnya).

Nama Spell Card Equip. Lihat keterangan ikon di bawah Kode dek dan nomor urut

Kembali ke atas.

Field Spell Card

Kartu ini digunakan untuk mengubah kondisi Field dan mengubah ATK serta DEF monster pada Field yang terkena efek, baik dikendalikan diri sendiri maupun lawan. Kartu ini diletakkan di Field Card Zone dan tidak dihitung dalam batas maksimum 5 kartu pada Spell & Trap Card Zone. Kartu ini boleh diletakkan hadap-bawah, namun efeknya tidak aktif sampai kartu ini dibalik hadap-atas.

Hanya boleh ada satu Field Spell Card yang aktif pada Field saat kapanpun pada giliran kedua pemain. Saat Field Spell Card baru milik lawan diaktifkan, Field Spell Card milik Anda sebelumnya yang aktif dikirim ke Graveyard. Anda TIDAK BISA mengaktifkan atau menge-Set Field Spell Card Anda yang baru, kecuali kartu Field Spell Anda yang sedang aktif di-Destroy dengan Spell Card Heavy Storm dan sebagainya. Juga, kalau sebuah Field Spell Card di-Destroy dan tidak ada lagi Field Spell Card yang aktif saat itu, kondisi Field kembali seperti semula.

Kalau sebuah Field Spell Card di-Set saat kartu sebelumnya yang aktif di-Destroy, kartu tersebut tidak otomatis aktif. Kartu itu hanya bisa diaktifkan pada giliran yang menge-Set-nya, tidak pada giliran kawan.

Contoh! Èxshan memiliki kartu Thousand Dragon (Dragon ATK 2400 DEF 2000) dan Harpie's Brother (Winged Beast ATK 1800 DEF 600), sementara Stãsh memiliki kartu Blue Eyes White Dragon (Dragon ATK 3000 DEF 2500). Untuk membuatnya semakin sulit dikalahkan, Stãsh mengaktifkan Field Spell Card Mountain yang memiliki efek Increases the ATK and DEF of all Dragon, Winged Beast, and Thunder-Type monsters by 200 points. Kini, ketiga monster itu bertambah kuat sebesar 200 poin menjadi (berturut-turut, ATK dan DEF) 2600-2200, 2000-800, dan 3200-2700. Kalau ditambah Equip Spell Card lagi, Èxshan pasti kalah ni...

Nama Spell Card Field. Lihat keterangan ikon di bawah. Kode dek dan nomor urut

Kembali ke atas.

Quick-Play Spell Card

Kartu ini bisa diaktifkan pada Battle Phase ataupun Main Phase. Kalau di-Set, kartu ini bisa diaktifkan pada giliran lawan seperti Normal Trap Card. Quick-Play Spell Card dihitung dalam batas maksimum 5 kartu pada Spell & Trap Card Zone, dan harus ada tempat kosong untuk mengaktifkannya.

Contoh! Sekarang ini giliran Stãsh. Ia memiliki Summoned Skull (ATK 2500) hadap-atas dalam posisi Attack, sementara Èxshan mempunyai kartu Red-Eyes Blue Dragon (DEF 2000) hadap-atas dalam posisi Defense DAN kartu Quick-Play Spell Card The Reliable Guardian. Tepat sebelum atau saat Stãsh menyerang REBD, Èxshan melindunginya dengan mengaktifkan Spell Card yang berefek Increases 1 monster's DEF by 700 points during the turn this card is activated. DEF REBD kini menjadi 2700, sehingga untuk sementara ia aman dari Summoned Skull. Setelah giliran Stãsh berakhir, Spell Card itu di-Destroy dan DEF REBD kembali ke 2000.

Nama Spell Card Quick-Play. Lihat keterangan ikon di bawah. Kode dek dan nomor urut

Kembali ke atas.

Ritual Spell Card

Kartu ini dibutuhkan untuk melakukan Ritual Summon. Lihat keterangan di Ritual Monster Card.

Ritual. Lihat keterangan ikon di bawah.

Kembali ke atas.

Trap Card

Kartu ini bisa di-Set dan diaktifkan kapan saja setelah giliran lawan dimulai (paling sering di Main Phase 1 dan Battle Phase), dengan asumsi persyaratan yang ada di kartu sudah terpenuhi. Jenis-jenis Trap Card juga diindikasikan dengan ikon yang ada di pojok kanan atas kartu. Trap Card berwarna UNGU (Èxshan: walau kelihatannya kemerah-merahan...).

Normal Trap Card

Normal Trap Card tidak memiliki ikon. Sekali diaktifkan, kartu ini langsung di-Destroy.

Contoh! Trap Card yang paling terkenal dan ampuh karena mempan terhadap Tribute Summon adalah Trap Hole, karena efeknya If the ATK of a monster summoned by your opponent (excluding Special Summon) is 1500 points or more, the monster is destroyed. Jadi, misalkan Èxshan memiliki 3 monster di Field dan men-Tribute Summon Red-Eyes Blue Dragon (ATK 2400), saat itu juga Stãsh bisa bereaksi dengan meng-Activate Trap Hole, sehingga REBD harus dikirim ke Graveyard (duh...).

Nama Trap Card Kode dek dan nomor urut

Kembali ke atas.

Counter Trap Card

Kartu ini diaktifkan sebagai respon atas Summon (tipe apa saja) atau untuk menetralkan pengaruh Spell atau Trap Card. Sekali diaktifkan, kartu ini langsung di-Destroy.

Contoh! Dari contoh sebelumnya, saat Stãsh meng-Activate Trap Hole, Èxshan bisa bereaksi dengan meng-Activate kartu Seven Tools of the Bandit yang memiliki efek Pay 1000 of your Life Points to negate the activation of a Trap Card and destroy it. Maka, terjadilah Chain (reaksi berantai, ini akan dijelaskan di edisi mendatang), dimana kartu Seven Tools of the Bandit aktif duluan dan menetralkan serta menghancurkan kartu Trap Hole, sehingga efek Trap Hole tidak diaktifkan dan REBD selamat.

Nama Trap Card Counter. Lihat penjelasan ikon di bawah Kode dek dan nomor urut

Kembali ke atas.

Continuous Trap Card

Mirip dengan Continuous Spell Card, kartu ini tetap berada di Field dan efeknya tetap aktif sampai kartu ini di-Destroy atau dikeluarkan dari Field. Biasanya ada biaya yang harus dibayar untuk mengaktifkan efeknya.

Contoh! Di Field Èxshan sudah tidak ada monster lagi, sementara di Field Stãsh ada lima monster. Sewaktu giliran Èxshan, kebetulan monster yang di-Set hanya monster berlevel rendah. Karena serangan Stãsh berikutnya akan menimbulkan Direct Damage (penjelasan di edisi depan), Èxshan mencegahnya dengan mengaktifkan Trap Card Ultimate Offering, dimana At the cost of 500 Life Points per monster, a player is allowed an extra Normal Summon or Set. Maka Èxshan harus membayar 1000 Life Point agar dapat menge-Set atau me-Normal Summon dua monster lagi.

Continuous. Lihat penjelasan ikon di bawah. Nama Trap Card Kode dek dan nomor urut

Kembali ke atas.

Ikon Kartu

Berikut ini ikon kartu yang berlaku untuk Spell dan Trap Card.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis kartu yang dipakai dalam YGO TCG. Mudah-mudahan penjelasan ini mudah diterima.

Kembali ke atas.

Copyright © 2004 RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.

Butuh peta? Silakan minta di sini:

Yu-Gi-Oh! adalah © 1996 Kazuki Takahashi.

Kartu-kartu yang ditampilkan di sini hanyalah sebagai peraga dan tidak untuk disebarluaskan.