Logo RPGFID

Chrono Trigger 「クロノトリガー」

Sistem

RPGFID > Dunia Impian > Chrono > Chrono Trigger

Halaman utama | Tokoh | Kurun Waktu | Sistem | Screenshot

<updated! 08/02/2006>

Saat Crono dkk. bertarung. Nama karakter ATB bar. Perintah. Sayangnya, agak membingungkan milik siapa. Untuk mudahnya, perintah ini urut sesuai dengan urutan nama di sebelah ini. Jadi, pada kasus ini: Rob77, Fron, dan Crono. Rob77. Tanda target ini menandai karakter yang sedang aktif. Gunakan untuk membantu menentukan siapa yang sedang diberi perintah. Musuh (lupa namanya). Crono Fron

Seperti sudah dijelaskan di atas, Chrono Trigger menggunakan Active Time Battle (versi 2.0 kata mereka). Pemain bebas memilih antara Active dan Wait. Pemain yang sudah terbiasa sebaiknya menggunakan Active, walau sebenarnya perbedaan keduanya tipis sekali. Yang aneh, hampir dalam awal semua pertarungan, ATB Crono pasti penuh duluan, kalau Crono aktif dalam kelompok.

Hanya ada 3 perintah berikut.

Attack (Att.) akan membuat chara ybs melakukan serangan fisik.

Technique (Tech) akan membuat chara ybs mengeluarkan teknik-teknik bertarung yang ia miliki yang, anehnya, mengkonsumsi MP. Sihir di sini ditandai dengan tanda bintang. Bila dua atau tiga chara sudah aktif, menu ini berubah menjadi Combine (Comb) yang memungkinkan mereka melakukan serangan ganda dua atau tiga.

Untuk Double Technique, kedua karakter harus sudah belajar teknik tersebut. Untuk melakukannya, keduanya harus sudah siap (ATB Bar keduanya sudah penuh) dan keduanya harus memiliki cukup MP. Demikian juga untuk Triple Technique (tiga orang). MP yang dibutuhkan berbeda untuk tiap orang, jadi perhatikan baik-baik. Karakter yang dibutuhkan ditandai dengan tangan putih. Setelah melakukan teknik, ATB Bar kedua (atau ketiga) karakter tersebut akan kembali kosong.

Contoh Double dan Triple Technique. Keterangan mengenai teknik Nama teknik MP yang dibutuhkan, sesuai urutan karakter (dalam kasus ini: Rob77, Fron, Crono).

Item membuat kita bebas memilih item mana yang akan digunakan. Sayangnya, saat battle tidak ada penjelasan mengenai kegunaan item ybs, jadi kita harus menghafalkannya. Ini yang sempat membuat Èxshan kelabakan dan jengkel saat harus menghadapi bentuk terakhir Lavos...

Contoh menu untuk Tech. Setelah menyelesaikan tiap pertarungan (sayang nggak ada tema fanfare-nya...) tiap chara akan mendapat EXP, TP (Tech Point), dan beberapa keping Gold. TP inilah yang diperlukan untuk mempelajari teknik-teknik bahkan sihir tertentu. Teknik ganda dua dan tiga baru bisa dipelajari setelah teknik tunggal yang diperlukan dipelajari. Tak ada panduan untuk ini, jadi rajin-rajin aja cari TP.

Chrono Trigger sama sekali tidak mengenal random encounter, sekalipun itu di World Map. Ketiga karakter yang aktif akan terlihat semua di layar, dan pemain akan mengontrol orang pertama di kelompok aktif (lainnya akan mengikuti). Gampangannya, seperti di Seiken Densetsu 2 (Sword of Mana) atau di Final Fantasy VIII.

Di daerah-daerah tertentu, nama tempat akan dimunculkan di layar. Cukup dekati suatu daerah dan nama daerah itu akan muncul. Pada beberapa zaman (terutama zaman Present), pergantian daerah juga akan menyebabkan pergantian BGM secara langsung.

World Map di masa Present Crono Marle Lucca Epoch

Semua musuh, sama seperti Lufia dan Super Mario RPG, tampak di layar. Untuk bertarung, hanya perlu mendekati (tidak perlu sampai menyentuh) musuh.

Khusus untuk serangan garis lurus (straight line), baik dari pihak pemain ataupun musuh, kalau kebetulan ada dua atau lebih musuh yang segaris dengan arah serangan, seluruh musuh yang ada di garis serangan itu akan menerima damage. Tentu saja, ini cukup menguntungkan namun sekaligus merugikan. Untuk ini, dibutuhkan timing yang amat tepat karena semua orang dan semua musuh bergerak ke sana kemari.

Kembali ke atas.

Copyright © 2004 RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.

Butuh peta? Silakan minta di sini:

Screenshots yang tercantum dalam halaman ini hanyalah untuk peraga dan penjelas. Dilarang mengkopi, mereproduksi, atau menyebarluaskan screenshot yang ada dalam halaman ini dengan tujuan apapun.