Logo RPGFID

Chrono Trigger 「クロノトリガー」

Kurun Waktu

RPGFID > Dunia Impian > Chrono > Chrono Trigger

Halaman utama | Tokoh | Kurun Waktu | Sistem | Screenshot

<updated! 08/02/2006>

Lihat berlawanan arah jarum jam mulai dari posisi jarum jam. Klik untuk keterangan lebih lanjut.
2300 A.D. Future 1999 A.D. Apocalypse 1000 A.D. Present 600 A.D. Middle Ages 12000 B.C. Dark Ages 65000000 B.C. Prehistoric End of Time

Dalam Chrono Trigger, Crono dkk. bakal mengarungi waktu dengan memasuki pintu-pintu waktu yang tersebar atau menggunakan Epoch, mesin waktu legendaris dari 12000 B.C. (aneh lagi...). Keenam kurun waktu itu, sesuai data yang ada di Epoch, urut berdasarkan waktunya, adalah

Prehistoric 6500000 B.C.

Yah, kalian tahu sendiri masa ini. Di dunia kita, masa ini adalah masa berakhirnya kejayaan dinosaurus dengan teori meteor besar yang memusnahkan mereka. Mirip dengan itu, Chrono Trigger mengangkat bangsa Reptite sebagai pengganti dinosaurus, yang selalu berselisih dengan bangsa manusia yang sudah hadir di masa itu, walau amat sedikit jumlahnya. Kemusnahan bangsa Reptite juga karena meteor, yang dinamakan Lavos (La = besar, Vos = api dalam bahasa manusia waktu itu). Dari sinilah masalah berawal. Kembali ke atas.

Dark Ages 12000 B.C.

Salah satu masa saat Lavos mulai berulah. Situasi di sini agak aneh dan cukup modern, malah lebih modern dibanding masa-masa yang lain. Pada masa ini, yang kira-kira masih dalam Ice Ages menurut sejarah kita, Magus yang terlempar ke masa ini berusaha membangkitkan Lavos, namun akhirnya dicegah Crono dkk., walau itu harus berakibat tewasnya Crono... Kembali ke atas.

Middle Ages 600 A.D.

Masa ini paling mirip dengan 1000 A.D.. Yah, seperti Middle Ages atau Medieval dalam sejarah kita, di sini dominasi kerajaan amat besar, walau kenyataannya hanya ada satu kerajaan, Guardia. Yang satu hanya sebagai pemanis alur saja dan tidak pernak ditemukan. Keadaannya agak suram (layarnya berkabut), begitu juga dengan BGM-nya. Kembali ke atas.

Present 1000 A.D.

Masa sekarang (tentu saja!) saat Crono, Marle, dan Lucca tinggal. Tidak banyak yang perlu diceritakan, kecuali satu kemodernan yang seharusnya belum ada saat itu: kapal feri. Kembali ke atas.

Apocalypse 1999 A.D.

Inilah masa kehancuran bumi saat Lavos beraksi (kau bisa melihat videonya di 2300 A.D.). Untung saja ini tidak benar-benar terjadi di masa kita, kalau tidak, nasib kita bakal sama seperti 2300 A.D.. Di sinilah pertarungan besar terakhir menunggu... Kembali ke atas.

Future 2300 A.D.

Dalam cerita, masa ini digambarkan sangat suram setelah Apocalypse. Hujan asam tak pernah berhenti, bangunan tak ada yang utuh, kecuali beberapa lab. Tak ada pemukiman, manusia yang tersisa amatlah sedikit dan tak mempunyai harapan sama sekali. Namun, tentu saja masa ini bisa diubah dengan mencegah terjadinya Apocalypse, namun dengan begitu sejarah berubah sangat drastis. Justru inilah Chrono Trigger, pemacu waktu menuju Chrono Cross. Kembali ke atas.

End of Time ∞

Tak terlihat di sistem jam Epoch (keluar dari huruf C yang menunjukkan masing-masing kurun waktu, letaknya setelah Future 2300 A.D.), di End of Time inilah seluruh pengawasan terhadap alur waktu dijalankan. Crono dkk. kelak akan memasuki zaman ini untuk mengetahui apa yang tidak seharusnya terjadi di tahun 1999 A.D.. Di sini pulalah pemain akan diberi fasilitas untuk menukar karakter kapan saja dengan menekan tombol Y. Seluruh pintu waktu yang sudah terbuka juga ada di sini. Salah satu pintu menuju masa Apocalypse 1999 A.D. juga ada di sini. Kembali ke atas.

Copyright © 2004 RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.

Butuh peta? Silakan minta di sini:

Chrono Trigger adalah © dan ™ 1995 SquareSoft.

Screenshots yang tercantum dalam halaman ini hanyalah untuk peraga dan penjelas. Dilarang mengkopi, mereproduksi, atau menyebarluaskan screenshot yang ada dalam halaman ini dengan tujuan apapun.