Logo RPGFID

Departemen P3K

RPGFID > Departemen P3K

<updated! 08/02/2006>

Berikut ini pertanyaan umum yang (mungkin) diajukan berkali-kali sehingga kami merasa perlu untuk memuatnya di sini. Apabila ada pertanyaan yang perlu dijawab, silakan saja ajukan! Kalau banyak yang menanyakan, pertanyaan tersebut akan dimuat di sini.

1) Kenapa RPG Fantasy Indonesia hanya mengusung RPG lama? Kalau yang baru-baru kan asyik tuh.

P3K: Justru itu, kalau kami mengusung RPG yang baru-baru, itu artinya sama saja dengan majalah-majalah game komersial lainnya yang sudah beredar, malah mereka pasti jauh lebih lengkap dibandingkan RPGFID. Titik berat RPGFID justru pada RPG lama yang mempunyai nilai lebih, sekadar terkenal, atau bahkan yang legendaris dan tidak bisa dilupakan begitu saja dari sejarah game di Indonesia, karena dari sanalah impian terbesar manusia dimulai. Yang begini kan masih jarang...
Namun okelah! Lihat salah satu artikel terbaru untuk edisi <08/02/2006> (sebenarnya satu-satunya sih ^_^")? Itulah bukti bahwa RPGFID tidak selalu mengusung RPG lama. Akankah sering ada yang seperti ini kelak? Tunggu saja tanggal mainnya!

2) Kenapa kadang-kadang artikel yang ditulis salah?
3) Kenapa untuk artikel tertentu lama banget keluarnya?

P3K: Jawaban untuk kedua pertanyaan ini mirip dan berhubungan satu sama lain. Berbeda dengan majalah biasa yang mendapatkan informasi dari luar, RPGFID ditulis berdasarkan pengalaman pribadi para anggotanya. Jadi, semua artikel di sini murni buatan sendiri, walau tentunya ada sedikit-sedikit tambahan dari luar. Masalah lama cepatnya artikel keluar (terutama RPG), ini karena penulis artikel yang bersangkutan wajib meneliti sendiri sampai setuntas mungkin. Standarnya, artikel dianggap bisa dan layak dimuat kalau paling tidak memuat tiga hal ini: cerita, tokoh, dan sistem (untuk RPG) atau seri-seri yang sudah beredar (untuk RPA, RPMa, RPMo, dan RPN). Tambahan-tambahan lain tidak wajib, sehingga bisa ditambahkan kemudian. Itu sebabnya, kadang-kadang artikel tertentu amat lama keluarnya.

4) Nggak ada walkthrough nih? Cheat?

P3K: Seandainya ini majalah guide, tentu kami akan memberikannya. Ada sih yang mengusulkannya, tapi berdasarkan pertimbangan ini kami tidak mencantumkannya. Pertama, seluruh anggota RPG Fantasy Indonesia masih kuliah, dan waktunya masih belum cukup untuk membuat walkthrough yang komplit. Kedua, sudah ada situs khusus untuk walkthrough yang tentunya lebih amat lengkap: GameFAQs. Silakan kunjungi situs tersebut untuk mendapatkan walkthrough game-game tertentu.
Namun, oke! Lihat Next Issue untuk edisi depan? Akan ada walkthrough pertama yang ditulis RPGFID! Dari RPG mana? Tunggu saja!

5) Apa RPG Fantasy Indonesia nggak menjalin hubungan dengan majalah game lain nih?

P3K: Pinginnya sih begitu. Ada yang mau jadi sponsor?

6) Yang bisa di-download kok sedikit amat? Wallpaper-nya mana? Nggak nyediain ROM? MP3?

P3K: Untuk masalah ini, kami mohon maaf. Kami menjunjung tinggi hak cipta masing-masing trademark yang tercantum di situs RPGFID. Jadi, kami tidak menyediakan segala macam wallpaper, soundtrack, dan hal-hal lain yang ilegal alias kami tidak mendapatkan sendiri lisensinya, sekalipun amat mungkin salah satu dari kami mempunyai versi ilegalnya. Selain itu, tentu saja, karena kuota yang amat terbatas dari Geocities (hanya 15 MB).
Untuk wallpaper, tentu ada banyak situs di luar sana yang menyediakannya, dan pasti pengunjung RPGFID lebih tahu banyak dari kami.

7) Sebenarnya, berapa sih anggota kru RPG Fantasy Indonesia?

P3K: Kalau kalian memperhatikan availabilitas kru RPGFID di halaman Yang Terpilih, pertanyaan ini pasti dengan mudah terjawab. Untuk sementara ini, hanya ada 3 kru asli RPGFID: Èxsharaèn, Stãsh, dan Dhran. Stãsh pun hanya mengasuh rubrik Yu-Gi-Oh! di Dunia Impian (tentang Trading Card Game). Sisanya, Èxshan yang mengasuh RPGFID.

8) Di mana sih markas besar RPG Fantasy Indonesia?

P3K: Silakan lihat di halaman Kementerian untuk data lebih lengkap tentang redaksi RPGFID.

9) Buat apa sih tulisan Lokasi di Sejarah dan peta?

P3K: Lokasi membantu kalian menemukan secara langsung artikel tertentu. Ini dibuat karena mungkin saja ada artikel bernama sama, tapi yang ditunjuk lain. Sebagai contoh, kalau kami mengatakan artikel Yu-Gi-Oh! baru, ini artikel yang mana? Yang ada di Dunia Impian atau di Dunia Lain? Lain ceritanya kalau ditulis Dunia Impian > Yu-Gi-Oh!. Kalau begini kan kita bisa tahu langsung, artikel Yu-Gi-Oh! baru ada di Dunia Impian.
Selain itu, kini Lokasi juga berfungsi sebagai menu cepat, walaupun tidak selengkap jendela Menu.

10) Menunya kok dipisah jadi satu jendela kecil sih? Kok nggak pakai frame aja? Atau, paling nggak, menunya di halaman itu juga dong! Jendela menunya ketutup terus sih, dikira iklan!

P3K: Ini akan dijawab oleh Èxshan sebagai desainer situs.
Pakai frame, itu sudah biasa. Menu di halaman itu juga, itu juga sudah biasa. Kebetulan menurut salah satu buku tentang pembuatan situs, cara pemisahan menu dengan halaman utama itu cukup jarang digunakan namun sangat menarik dan mudah dibuat. Itu sebabnya, Èxshan membuat menu dipisah dengan halaman utama.
Pertimbangan lain, kalau menu ada di tiap halaman, sekali saja menu itu berubah di satu halaman, seluruh menu di seluruh halaman harus diganti. Tentu saja, kalau halamannya banyak, ini merepotkan, dan Èxshan nggak punya waktu untuk mengganti menu sebanyak itu. Èxshan sudah mengalami hal ini sebelumnya di web internal kampus Èxshan, dan sekarang di sana menu yang sama juga Èxshan pakai.
Selain itu, menurut salah satu teman Èxshan, penggunaan frame walaupun cukup praktis tapi bisa merepotkan, terutama kalau ada kesalahan di salah satu frame. Juga, katanya, dengan frame proses loading-nya lebih lambat. Itu sebabnya, Èxshan sama sekali tidak menggunakan frame (selain Èxshan sendiri nggak bisa n nggak ngerti caranya bikin frame...).
Jadi, menu dipisah di jendela sendiri. Tenang saja, kalau sampai jendelanya tertutup, ada petugas Dept. Kehilangan Peta di bawah yang akan memberikan peta baru secara cuma-cuma!

Kalau memang setting-nya tidak bisa diubah untuk menerima pop-up (seperti misalnya di warnet), kalian bisa menggunakan cara ini. Bukalah jendela browser baru, lalu ketikkan alamat http://www.geocities.com/rpgfantasy_id/menu/menu.html. Jendela itu akan berlaku seperti menu yang seharusnya. Kalian bisa mengubah ukurannya sesuai kebutuhan.

Copyright © 2004 RPG Fantasy Indonesia. All rights reserved.

Butuh peta? Silakan minta di sini:

Apabila ada pertanyaan, silakan kirimkan via e-mail ke rpgfantasy_id@yahoo.com.